News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Keliru Membaca Ayat Alquran, Apakah Harus Diulang Membacanya? | Busrolana.com

 


Pertanyaan :

Assalamu'alaikum warahmatullahi ta'ala wabarakatuh ust saya mau tanya kalo sedang membaca ayat suci al-qur'an ada ayat yang keliru lalu mengulang kembali bacaannya apakah tidak mengapakah ust?

Dari : Nenty

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Tidak mengapa, dan itu memang diharuskan memperbaiki bacaannya apabila dia keliru membaca ayat Al-Qur'an. Sebab, jika dia salah membacanya, maka bisa jadi artinya menjadi berbeda.

Sekalipun membaca Al-Qur'an terbata-bata, tidak mengapa, karena setiap bacaannya akan bernilai pahala di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Dari Ummul Mukminin Aisyah rodhiyallahu 'anha berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ، وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ، وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ، لَهُ أَجْرَانِ

Orang yang lancar membaca Al-Qur'an akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah. Adapun orang yang membaca Al-Qur'an dan dia terbata-bata membacanya serta sulit membacanya, maka dia mendapatkan dua pahala. (HR. Muslim, hadist no. 798).

MasyaAllah, bayangkan, sekalipun dia terbata-bata sekalipun dalam membaca Al-Qur'an, tetap diberikan 2 pahala oleh Allah.

Untuk itu, jika salah membaca Al-Qur'an, perbaiki bacaannya dan tidak usah khawatir, karena orang-orang yang terbata-bata dalam membaca Al-Qur'an pun akan diberikan pahala oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Post a Comment