News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hukum Pulang Kerja Sebelum Jam Pulang, Halalkah Gajinya? | Busrolana.com

 


Pertanyaan :

Assalamualaikum p.ustadz dan Bu. ustazah saya mau tanya klu kita krj di perusahan misal waktu jam krj 7 jam,selesai ga selesei 7 jam,klu kita pulang sebelum waktu nya apa termasuk korupsi waktu dan apa kah hasil dari kerja nya termasuk TDK halal atau tetap halal tolong pencerahan nya

Dari : Dini

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Jika kantor atau suatu perusahaan menetapkan waktu jam kerja.

Misalnya : masuk kerja jam 7 pagi dan pulang kerja jam 4 sore.

Jika dia pulang sebelum jam 4 sore dan tanpa sepengetahuan pimpinan perusahaan, dan jika dia pulang tanpa sepengetahuan pimpinan perusahaan akan dimarahi, karna pulang sebelum waktu yang ditetapkan.

Nah, jika dia tetap pulang, maka dia sudah termasuk curang, karena korupsi waktu. Pulang sebelum jam yang ditetapkan. Dan orang yang curang tidak termasuk golongan Rasulullah.

Dari Abu Hurairah rodhiyallahu 'anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ غَشَّ فَلَيْسَ مِنِّي

Dan barangsiapa yang berbuat curang, maka tidak termasuk golonganku. (HR. Muslim, hadist no. 102).

Akan tetapi, jika misalnya seperti ini :

Dia sudah menyelesaikan semua pekerjaannya sebelum jam 4. Dan kemudian pimpinannya memperbolehkan dia untuk pulang sebelum jam 4, karna semua pekerjaannya telah selesai dikerjakan, maka ini boleh, sebab dengan sepengetahuan pimpinannya dan diizinkan untuk pulang sebelum waktu jam pulang.

Inilah yang perlu diperhatikan oleh seorang muslim, jangan sampai dia makan dari sesuatu yang syubhat. Karena pulang sebelum waktu yang ditentukan.

Memang, jika dia pulang sebelum waktu yang ditentukan, gajinya halal, karena dia bekerja, dan itu sudah menjadi haknya, namun dia berdosa, karena makan gaji full tapi dia pulang sebelum waktu yang ditentukan.

Maka hindarilah perbuatan seperti ini.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

2 Comments

  1. salut dengan website ini, tampilan yang keren, rapi dna navigasi yang bagus serta kualitas konten yang baik dan bermanfaat. semoga semakin bisa memberikan dan berbagi ilmu bagi banyak orang pak ust..salam

    ReplyDelete