News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ini Kuliner Khas Sulawesi Selatan yang Wajib Kamu Cicipi

 

Gambar hanya ilustrasi


Busrolana.com -
Indonesia terkenal dengan beragam sebutan. Salah satunya adalah Negara maritim. Hal ini karena memang, ada banyak sekali pulau yang ada di Indonesia. Nah, tiap pulau memiliki daerah masing-masing. Di mana, tiap daerahnya pasti memiliki ciri khas tersendiri yang akan membedakan daerah yang satu dengan yang lain. Termasuk kulinernya. Ada daerah yang memiliki kuliner dengan cita rasa manis, ada pula yang sebaliknya. Tentu, ketika kamu ingin menjelajah setiap kenikmatan kuliner yang ada di Indonesia, kamu dilanda bingung saking banyaknya. Ia kan? Hal ini karena setiap daerah memang mempunyai makanan andalan mereka. Tak terkecuali Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan menjadi salah satu daerah yang memiliki beragam kuliner lezat. Bahkan, sudah ada yang tersebar ke seluruh Indonesia, dan diakui menjadi salah satu kuliner khas Sulawesi Selatan yang memiliki cita rasa sangat lezat loh. Namanya adalah Coto Makassar.

Ya, kita tahu dong, bahwa di Indonesia, ada banyak banget soto. Bahkan, nyaris semua daerah punya sotonya masing-masing, dengan cita rasa dan penyajian yang berbeda-beda. Tak terkecuali Makassar. Hanya saja, ada perbedaan penamaan ya. Kalau di daerah lain disebut dengan Soto, maka di Makassar berbeda. Di mana, penamaannya menggunakan kata Coto, bukan Soto. Penamaan ini menjadi salah satu perbedaan yang paling mendasar antara sotonya Makassar dengan daerah lain.

Kelezatan Coto Makassar yang Menggugah Selera

Bagi pecinta soto dan penggemar kuliner daging, kamu wajib banget loh nyobain kuliner khas Sulawesi Selatan satu ini. Beberapa tahun yang lalu, Coto Makassar memang sempat booming. Hal inilah yang menjadikan Coto Makasaar bukan hanya bisa kamu temukan di Kota Daeng saja, tapi juga di daerah-daerah lain. Kuliner Khas Sulawesi Selatan yang satu ini sih memiliki rasa yang sangat nikmat. Bahkan, pecinta Coto Makassar bukan hanya orang Makassar saja, tapi juga masyarakat dari daerah lain.

Coto Makassar memiliki kuah yang gurih. Ia dibuat dengan menggunakan bumbu yang melimpah, sehingga akan menambah kenikmatannya. Dan biasanya, daging dari Cotonya juga akan disajikan dalam jumlah yang lumayan banyak, dengan tekstur yang dijamin empuk deh, nggak alot kayak daging pada umumnya. Sehingga, begitu sampai di mulut, kamu akan merasakan sensasi segar, gurih, dan bikin nggak pengen berhenti ngunyah deh. Ditambah lagi dengan sambalnya yang nggak nyengat, beuh mantep deh. 

Dan biasanya nih, Coto Makassar akan didampingi dengan es pisang ijo yang juga merupakan kuliner khas Sulawesi Selatan. Jadi, kalau kamu emang kebetulan makan di restoran atau rumah makan khas Makassar, dijamin deh bakalan menemukan es pisang ijonya juga.  Kalau udah gini, kamu bakalan ngerasa kayak di Makassar beneran deh. Kapan lagi kan bisa menyantap kuliner daerah lain tanpa harus ke daerahnya?

Biasanya, Coto Makasasar akan dihidangkan bersama ketupat, sehingga akan menambah nikmat. Pada umumnya, soto akan disajikan di mangkuk yang ukurannya sedang kan? Nah kalau Coto Makassar beda loh. Di mana, ia akan disajikan dengan menggunakan mangkuk yang ukurannya kecil, dengan ukuran sendok yang lumayan gede.

Cuman, ya tetep lebih nikmat kalau kamu menyantapnya langsung di Makassar ya. Tapi, kalau buat nyobain aja sih, worth it banget kok nyobain yang ditawarkan oleh restoran-restoran. Hanya saja, harganya memang tergolong lebih mahal loh dibandingkan dengan harga soto biasa. Tenang aja, rasanya nggak bakalan ngecewain kok, dan kamu nggak bakalan nyesel ngeluarin duit buat seporsi kuliner khas Sulawesi Selatan.

(APL)

Tags

Post a Comment