News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Udah Tau Belum? 4 Kuliner Khas Sumatera Barat Ini Bisa Memanjakan Lidah Anda Loh! Yuk Disimak Ulasannya!



Busrolana.com - Berbicara tentang kuliner Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Karena setiap daerahnya memiliki kuliner khas masing-masing. Salah satunya adalah Sumatera Barat. Selama ini, masyarakat hanya tahu, bahwa kuliner khas Sumatera Barat itu ya hanya rendang. Padahal sebenarnya, bukan hanya itu saja loh. Ada segudang kuliner di Sumatera Barat yang siap menggoyang lidah. Apalagi kita tahu, bahwa Sumatera Barat terkenal dengan rempah-rempahnya yang luar biasa. Penasaran apa saja kuliner khas Sumatera Barat? Yuk simak penjelasannya berikut.

Makanan Khas Sumbar

1. Rendang Paru



Yang pertama sudah pasti rendang ya. Makanan khas yang satu ini memang sudah go internasional deh. Sehingga nyaris semua masyarakat Indonesia mengenalnya, dan pernah mencicipi kenikmatannya. Ia kan? Bahkan, rendang menjadi salah satu makanan terenak se dunia loh. Keren kan? Jadi, rendang paru ini merupakan rendang yang dibuat dengan menggunakan bumbu rendang khas sumatera barat. Hanya saja, santan yang digunakannya adalah 1,5 lebih banyak jika dibandingkan dengan rendang pada umumnya. Sehingga kalau masalah kelezatan ya nggak perlu diragukan lagi. Bahkan, tidak sedikit loh orang luar negeri yang memesan rendang dari Indonesia. Rempah-rempah yang ada pada rendang memang nendang banget deh.

2. Sate padang


Selain terkenal dengan rendangnya, Sumatera Barat juga terkenal dengan satenya yang tiada dua loh. Hal ini karena cita rasa dari Sate Padang tuh ya beda aja gitu sama sate-sate daerah lain. Dan yang menjadi pembeda biasanya adalah bumbunya. Bahkan yang paling menarik adalah, sate padang itu memiliki aroma yang khas loh. Rasanya yang gurih, manis ini memang menjadi favorit banyak orang.  Selain itu, jika kamu menyantapnya langsung di daerah Padang, tentu kamu akan mendapatkan cita rasa asli, yang kenikmatannya berlipat-lipat. Jika Pun akhirnya kamu hanya mencicipi sate padang di daerah lain, dan dimasak oleh orang Padang asli, sudah pasti harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan sate biasa. Tapi, kamu pasti bakalan melupakan harganya deh, karena rasanya sebanding kok dengan uang yang kamu keluarkan.

3. Nasi Kapau


Kuliner khas Sumatera Barat yang selanjutnya adalah Nasi Kapau. Nah, nasi kapau ini nggak beda jauh sih dengan nasi padang. Dan kalau ke Padang, kamu bakalan menemukan nasi kapau dengan sangat mudah. Yang membedakan antara nasi padang dengan nasi kapau adalah penyajiannya. Kalau ke Padang, wajib banget deh mencicipi sensasi makan Nasi Kapau. Jadi, nanti lauknya tuh di pajang di atas meja. Dan kamu bisa memilih manapun yang kamu mau.

4. Dendeng balado

Kuliner khas Sumatera Barat yang selanjutnya adalah dendeng balado. Siapa sih yang nggak kenal sama kuliner satu ini? Pasti kenal semua lah ya. Secara, rasanya memang senikmat itu. Nah, dendeng sendiri merupakan masakan daging sapi yang sudah dikeringkan. Awalnya, daging tersebut akan dipotong dengan ukuran yang kecil, lalu dikeringkan, dan diberikan bumbu balado. Karena telah melewati masa pengeringan, tidak heran jika akhirnya kuliner khas Sumatera Barat yang satu ini kuat dan bisa bertahan selama berhari-hari.

Selain keempat kuliner khas Sumatera Barat di atas, masih banyak lagi makanan khas dari Sumbar. Seperti ayam pop, soto padang, nasi sala, gulai gajebo, gulai paku, sate lokan, asam padeh daging, gulai banak, dan lain sebagainya. Demikian beberapa kuliner khas Sumatera Barat yang luar biasa. Semoga bermanfaat.

(APL)

Tags

Post a Comment