News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Doa Agar Bisa Melunasi Hutang yang Banyak | Busrolana.com



Busrolana.com – Siapa di antara manusia yang tidak mau terlepas dari hutang. Tentunya setiap orang berhutang pasti ingin cepat-cepat melunasi hutangnya. Selain bekerja untuk melunasi hutang tersebut, ada sebuah do’a yang diajarkan oleh baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar hutang cepat lunas.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan doa :

اللهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ وَرَبَّ الْأَرْضِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ، اللهُمَّ أَنْتَ الْأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُونَكَ شَيْءٌ، اقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ، وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma robbas samaawaatis wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

Artinya : Ya Allah, Tuhan yang menguasai langit, Tuhan yang menguasai ‘Arsy yang agung, Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu. Tuhan yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Tuhan yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (harta yang cukup) sehingga terlepas dari kefakiran.

Imam An-Nawawi rohimahullah mengomentari hadist di atas sebagaimana di dalam kitabnya Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim :

يحتمل أن المراد بالدين هنا حقوق الله تعالى وحقوق العباد كلها من جميع الأنواع

Maksud hutang di sini adalah hak Allah Subhanahu wa Ta’ala dan hak hamba seluruhnya dari segala macam hak. (Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim, jilid 17 halaman 36).

Inilah doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar hutang segera lunas, tentunya harus dibarengi dengan bekerja. Karena doa tanpa usaha sama saja bohong, sebab dari usaha itulah bisa menghasilkan uang, dan doa adalah pendorong agar bisa mendapatkan rezeki untuk membayar hutang.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi (FRA)

Tags

Post a Comment