News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Seblak, Kuliner Khas Jawa Barat yang Menggiurkan


 

Busrolana.com - Jawa Barat menjadi salah satu daerah Indonesia yang memiliki banyak makanan khas. Bahkan, kita sudah tahu, bahwa ada banyak sekali kuliner-kuliner yang berasal dari Jawa Barat. Seperti cilok, batagor, cireng,  seblak, dan lain sebagainya. Tidak heran jika akhirnya kuliner khas Jawa Barat kerap menjadi incaran banyak orang. Dan menariknya, kuliner-kuliner khas tersebut sudah dapat kita santap tanpa harus ke Jawa Barat. Karena nyaris seluruh makanan khas dari Jawa Barat sudah dijajakan dan ditawarkan di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya adalah seblak.

Siapa sih yang tidak kenal, dan tidak suka dengan makanan satu ini? Ya, seblak menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat yang disukai banyak orang. Bahkan, tidak berlebihan loh jika kita sebut sebagai makanan sejuta umat. Hal ini karena harganya yang murah meriah. Dengan cita rasa lezat, bikin nagih, dan mantep banget. Apalagi kini, seblak sudah ditawarkan dengan cara yang beragam. Mulai dari jenis toping yang beragam hingga packagingnya yang unik-unik.

Nah, meskipun seblak sudah terkenal se-antero Indonesia, tetap saja masih ada yang belum tahu ya. Jadi, seblak merupakan kuliner khas Jawa Barat yang terbuat dari kerupuk basah, kemudian dimasak bersama sayuran, protein, kemudian ditambahkan dengan toping pilihan. Kalau beli di outlet-outlet biasanya banyak pilihan toping ya, mulai dari ceker, sosis, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, kini seblak sudah hadir dengan tingkat kepedasan yang bisa kamu pilih loh. Sehingga akan menambah selera makan banget deh.

Bahkan, nggak sedikit yang menjadikan seblak sebagai makanan pemicu selera makan loh saking lezatnya. Untuk cita rasanya gurih yang dipadukan dengan manis dan pedas. Makanan satu ini akan sangat nikmat ketika kamu santap selagi masih panas. Kenikmatan seblak berasal dari bahan-bahan pembuatnya loh. Kuliner khas Jawa Barat satu ini termasuk salah satu makanan yang unik, karena memiliki tekstur yang kenyal, tapi nagih. Tenang saja, karena bahan-bahan  pembuatnya mudah, murah, dan sederhana banget kok. Yuk simak penjelasannya berikut.

Bahan-bahan

Air panas (untuk merendam kerupuk)

1 butir telur, kemudian kocok lepas

Sebatang daun bawang

2 sdm minyak goreng

250 gr kerupuk. Kamu bisa menggunakan yang kuning atau yang merah. Atau, kerupuk apa saja deh.

Air secukupnya

Sosis, potong-potong sesuai dengan selera

Bakso secukupnya

ceker secukupnya

Bumbu-bumbu

8 cabe rawit merah. Kamu bisa mengurangi atau menambahkannya ya. Sesuai selera saja.

sesendok makan asam jawa

5 buah bawang merah

3 cabe keriting

sebuah tomat

kencur 3 cm

3 buah bawang putih

Sesendok the gula pasir dan sesendok the garam halus.

Cara Membuat

Pertama, rebus dulu air sampai mendidih, kemudian masukkan kerupuknya, Tunggu sampai mendidih, lalu tiriskan. Dinginkan kerupuk dengan cara merendamnya ke dalam air dingin.  Dan sisihkan.

Kedua, haluskan bawang, cabe, tomat, dan kencur, kemudian tumis sampai aromanya keluar. Jika sudah, masukkan air setengah gelas, tambahkan garam, ceker, bakso, sosis, dan gula. Masukkan kerupuk yang sudah dingin, aduk hingga rata. Terakhir, masukkan telur yang sudahg dikocok lepas tadi, lalu sajikan bersama dengan irisan bawang.

Gimana, gampang banget kan? Pokoknya, kalau kamu pengen makan enak di akhir bulan, cus langsung beli bahan-bahannya, dan buat seblak aja. Low budget banget pokoknya. Demikian, semoga bermanfaat.

(APL)

Tags

Post a Comment