News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kue Lontar, Kuliner Khas Papua yang Mirip Kue Pie Susu

Gambar hanya ilustrasi

Busrolana.com - Sejak dulu, Indonesia memang terkenal sebagai Negara dengan surga kuliner. Hal ini karena tiap daerah pasti mempunyai makanan khasnya masing-masing. Tak terkecuali dari Papua ya. Siapa sih yang nggak kenal dengan kuliner khas Papua? Pasti pada kenal lah. Hanya saja, selama ini banyak yang ngira, bahwa kuliner khas Papua itu ya Cuma papeda doang. Padahal mah, nggak loh. Masih banyak kuliner-kuliner lain yang wajib banget kamu cobain.

Kuliner Khas Papua yang Menggugah selera

Papua terletak di ujung Timur Indonesia. Tahukah kamu, bahwa ada loh makanan khas Papua yang sudah go internasional. Keren ya. Salah satu daerah yang ada di Indonesia satu ini memang sangat mengagumkan. Karena selain bentangan alamnya yang luar biasa indah, kulinernya juga enak-enak banget loh. Salah satunya ada kue lontar. Kue Lontar merupakan salah satu kuliner khas Papua yang bisa kamu makan sebagai cemilan, karena memang terbilang ringan lah ya. Untuk bentuknya sendiri mirip sama kue pie susu loh. Kalau soal rasa, nggak kalah enak deh sama kue pie susu yang dijual. Apalagi nih, cita rasanya tuh manis juga. Hanya saja, kue lontar hanya mudah kamu temukan ketika lebaran saja. Meskipun demikian, nggak usah khawatir deh, karena kue lontar sudah banyak dijual kok, sehingga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Keren kan?

Nah, nama kue lontar ini berasal dari bahasa belanda loh. Dengan asal katanya itu lontart, yang berarti  berbentuk bulat. Bagian dalam kue ini mempunyai tekstur yang lembut. Sementara bagain luarnya ada kulitnya yang renyah, dengan cita rasa gurih. Sehingga begitu kamu sampai ke dalam mulut bakalan meleleh, dan kerasa enak banget gitu. Pokoknya, perpaduan antara gurih sama manisnya tuh pas banget.

Hingga kini, banyak yang mengira, bahwa kue lontar sama seperti kue pie susu loh. Bahkan, kamu juga mengira bahwa keduanya sama.  Kalau diperhatikan dari bentuknya memang sama sih. Cuman, ukuran dari pie susu ini lebih gede, bahkan sampai sebesar telapak tangan loh. Pokoknya bisa 3 hingag 4 kali lebih besar dibandingkan dengan ukuran kue pie susu.

Kalau kamu pengen banget ngerasain kuliner khas Papua ini, tapi belum  bisa langsung ke Papua, tenang aja, karena kamu bisa banget loh membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan pembuatannya juga sederhana banget.

Kamu hanya membutuhkan sekaleng skm, bebas mah mau bentuk apa. Kemudian segelas air yang hangat, gula pasir, 5 kuning telur,  dan 2 bungkus vanili bubuk. Ini untuk bagian isinya ya. Sementara untuk bagian kulitnya kamu membutuhkan 200 gram tepung terigu, satu buah telur, dan 100 gram margarine.

Cara membuat

Pertama, masukkan margarine, tepung, dan telur ke sebuah wadah, lalu uleni sampai teksturnya nggak lengket lagi. Kemudian, masukkan adonan tadi ke sebuah plastic, dan masukkan ke kulkas selama setengah jam. Sembari menunggu adonannya, kamu bisa menuangkan air hangat, kuning telur, dan skm nya ke sebuah mangkuk, dan kocok lepas. Lalu, saring dengan menggunakan saringan yang lubangnya kecil banget ya. Cetak adonan kulitnya ke dalam cetakan yang bentuknya lingkaran. Lalu isi kue lontar tadi menggunakan sendok, ratakan sampai penuh.Terakhir, masukkan adonannya ke dalam oven. Apinya kecil ya. Tunggu hingga sejam. Jika sudah matang, angkat.

 

Dengan proses pembuatan yang sangat gampang, sayang rasanya jika kamu tidak nyoba buat sendiri di rummah. Semoga bermanfaat.


(APL)

Tags

Post a Comment