News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Anjuran Menjenguk orang Sakit dan Doa yang Diajarkan Rasulullah untuk Orang yang Sakit



Busrolana.com – Setiap orang tentu pernah merasakan sakit, karna itu sudah ketentuan Allah kepada manusia. Siapapun dia dan di manapun dia berada, jika Allah berkehendak dia sakit, maka manusia tersebut akan merasakan sakit.

Pembina Konsultasi Muslim (Fastabikul Randa Ar-Riyawi) mengemukakan bahwa hikmah seorang manusia ditimpa musibah adalah Allah akan menggugurkan dosa-dosa mereka karena penyakit atau musibah yang dideritanya.

Kemudian beliau membawakan hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud rodhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيبُهُ أَذًى مِنْ مَرَضٍ، فَمَا سِوَاهُ إِلَّا حَطَّ اللهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ، كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا

Terjemahan : Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya. (HR. Muslim no. 2571).

Selain itu, beliau juga membawakan hadist Nabi, di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan do’a memninta kesembuhan kepada Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan do’a :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ، مُذْهِبَ البَاسِ، اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي، لاَ شَافِيَ إِلَّا أَنْتَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

"Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman."

Terjemahan : "Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah dia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi." (HR. Bukhari no. 5742).

Imam An-Nawawi rohimahullah mengomentari hadist di atas di dalam kitabnya Al-Adzkar :

قلت: معنى لا يغادر: لا يترك، والبأس: الشدّة والمرض

Terjemahan : Aku berkata : Arti “Laa Yughodiru” yaitu tidak meninggalkan bekas. Sedangkan Al-Ba’su : Penderitaan dan penyakit. (Al-Adzkar, jilid 1 halaman 134).

Menurut Pembina website Konsultasi Muslim itu, jika ada teman atau saudara yang sakit, maka yang harus dilakukan sesuai sunnah adalah sebagai berikut :

1. Menjenguknya, karena menjenguk orang sakit hukumnya sunnah di dalam Islam berdasarkan hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

2. Mendo’akan kesembuhan untuk orang yang sakit tersebut dengan doa’ yang diajarkan oleh baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam hadistnya.

3. Mengambil pelajaran dari orang sakit, karena nikmat sehat itu begitu berharga.

(FRA)

Tags

Post a Comment