News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kuliner Khas Kalimantan dan Cara Membuatnya

 


Busrolana.com - Kalimantan menjadi salah satu pulau yang menawarkan bentangan alam luar biasa di Indonesia. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata, pulau satu ini bukan hanya sekedar menawarkan panorama alam yang menakjubkan, melainkan juga menawarkan kekayaan kuliner yang wajib kamu coba. Dengan banyaknya sumber daya alam, membuat pulau ini memiliki banyak rempah-rempah khas yang menakjubkan, sehingga membuat kuliner khas Kalimantan menjadi sangat unik dan memiliki cita rasa yang sangat lezat. Nah, di antara banyaknya kuliner khas Kalimantan, kali ini kita hanya akan membahas satu saja ya, yaitu Katupat Kandangan.

Pernah denger nama kuliner satu ini? Mungkin di antara kamu ada yang sudah tidak asing lagi, dan ada juga yang baru saja mendnegar namanya.  Jadi, ketupat kandangan ini merupakan kuliner khas dari Kalimantan yang nggak begitu berbeda jauh dengan Soto Banjar. Di mana, ia mempunyai bahan utama berupa ketupat.  Cuman, kalau ketupat kandangan ini akan dipadukan dengan kuah yang jauh lebih kental sih dibandingkan dengan kuah pada Soto Banjar. Hal ini karena memang kuahnya tuh terbuat dari santan. Nah, hal inilah yang menjadikan kuahnya sangat gurih dan nikmat. Kalau di Kalimantan sendiri, Ketupat kandangan kadang-kadang akan disajikan dan disantap dengan ikan ataupun telur sebagai lauk pelengkap.

Dalam hal ini, ikan yang akan digunakan adalah ikan haruan ya. Dengan proses memasak berupa diasap. Ketupat kandangan ini terbilang cukup unik jika dibandingkan dengan ketupat lain. Karena ketupat ini akan dibuat dengan menggunakan beras local atau beras pera, yang menjadikan teksturnya agak berbulir, serta nggak sepadat ketupat yang ada di daerah lain. Kalau kamu penasaran, wajib banget deh nyobain kuliner khas Kalimantan satu in.

Cara Membuat Ketupat Kandangan

Buat kamu yang belum pernah nyobain kuliner khas Kalimantan yang ini, nggak ada salahnya untuk membuatnya sendiri di rumah. Ia kan? Bahan-bahan dan proses memasaknya gampang banget kok. Bahan-bahan yang kamu butuhkan terdiri dari tiga komponen ya. Pertama adalah bahan utama, kemudian ada bumbu halusnya, dan yang terakhir adalah sambal bijainya. Yuk simak penjelasannya berikut.

Bahan:

Beras pera

1 ekor ikan haruan

Slongsongan ketupat

Kunyit bubuk 1/2 sdt

1000 ml santan cair

Bawang goreng

500 ml santan kental

Air asam jawa

Garam, penyedap dan gula pasir secukupnya

Jeruk nipis

Bumbu halus:

10 butir bawang merah

Kencur, jahe dan laos (masing-masing 2 cm)

Air secukupnya

2 batang sereh

7 siung bawang putih

6 buah kemiri

Sambal binjai:

Buah binjai (bisa diganti dengan mangga muda)

Garam

5-6 cabe rawit

Kuah ketupat kandangan

Cara Memasak

Jika semua bahan-bahan sudah lengkap, waktunya kita eksekusi. Nah, pertama, kamu bisa memasak ketupatnya dulu. Caranya adalah dengan mencuci beras peranya hingga bersih, lalu sisihkan dan tiriskan. Siapkan panci, letakkan di atas tungku, dan masukkan air secukupnya saja. Masak air tersebut hingga mendidih. Kalau sudah, langsung masukkan saja berasnya ke dalam slongsongan ketupat. Kamu bisa mengisinya tiga per empat bagian saja. Jika airnya sudah mendidih, masukkan ketupat tadi, tunggu hingga matang. Lalu tiriskan.

Cara kedua adalah memasak ikan. Bersihkan ikan, dan potong menjadi beberapa bagian saja. Berikan bumbu berupa air asam jawa, kunyit bubuk, dan garam. Kemudian kamu bisa memasaknya sampai kecokelatan. Proses memasaknya adalah dengan diasap  di atas bara api yang dibuat menggunakan arang ataupun sabut kelapa.

Ketiga, tumis semua bumbu halusnya hingga aromanya keluar, lalu masukkan santan kental dengan santan cair, aduk-aduk pelan. Hal ini agar santannya nggak pecah. Ketika santannya sudah mendidih, masukkan ikan yang sudah melewati tahap pengasapan tadu.  Aduk sebentar saja, dan selesai.

Cara terakhir adalah dengan membuat sambal khas dari Kalimantannya. Kamu bisa menghaluskan buah binjai, cabe rawit, garam, kemudian tambahkan kuah ketupatnya sedikit saja, dan aduk hingga rata.

Gampang kan? Demikian. Semoga bermanfaat.

(APL)

Tags

Post a Comment