News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ilmu Yang Pertama Kali Hilang di Hari Kiamat | Busrolana.com

 


Pertanyaan :

Izin bertanya lagi, ilmu apa yang pertama akan hilang ketika hari akhir nanti?

Dari : Ahda

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Alhamdulillah was sholatu was salamu 'ala Rasulillah,

Alangkah lebih baiknya mendahului sesuatu dengan salam.

Tidak ada keterangan di dalam hadist maupun keterangan ulama mengenai ilmu apa yang pertama akan hilang. Hanya saja di dalam hadist disebutkan, bahwa Allah akan mencabut ilmu dengan cara mewafatkan para ulama.

Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash rodhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ اللَّهَ لاَ يَقْبِضُ العِلْمَ انْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ العِبَادِ، وَلَكِنْ يَقْبِضُ العِلْمَ بِقَبْضِ العُلَمَاءِ، حَتَّى إِذَا لَمْ يُبْقِ عَالِمًا اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالًا، فَسُئِلُوا فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ، فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا

Sesungguhnya Allah tidaklah mencabut ilmu sekaligus mencabutnya dari hamba, akan tetapi Allah mencabut ilmu dengan cara mewafatkan para ulama hingga bila sudah tidak tersisa ulama maka manusia akan mengangkat pemimpin dari kalangan orang-orang bodoh, ketika mereka ditanya mereka berfatwa tanpa ilmu, mereka sesat dan menyesatkan. (HR. Bukhari, hadist no. 100).

Imam An-Nawawi rohimahullah mengomentari hadist yang hampir mirip dengan hadist di atas di dalam kitabnya Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim, hanya beda beberapa kalimat saja, beliau berkata :

هذا الحديث يبين أن المراد بقبض العلم في الأحاديث السابقة المطلقة ليس هو محوه من صدور حفاظه ولكن معناه أنه يموت حملته ويتخذ الناس جهالا يحكمون بجهالاتهم فيضلون ويضلون

Hadist ini menjelaskan bahwa maksud diangkatnya ilmu sebagaimana yang dijelaskan pada hadist-hadist terdahulu secara mutlak. Bukanlah menghapuskannya dari dada para penghafalnya, akan tetapi maknanya adalah wafatnya para pemilik ilmu tersebut. Dan manusia kemudian menjadikan orang-orang bodoh untuk memutuskan hukum dengan kebodohan mereka. Akhirnya mereka pun sesat dan menyesatkan orang lain. (Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim, jilid 16 halaman 223-224).

Hanya Allah saja yang mengetahui ilmu apa yang pertama diangkat di hari akhir nanti.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Post a Comment