News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tragedi Gempa Kembali Guncang Beberapa Wilayah di Indonesia



Busrolana.com - Pada Jumat 25 Juni 2021 kemarin, tanah air kembali mengalami berduka. Pasalnya, sejumlah wilayah di Indonesia dilanda gempa bumi. Gempa tersebut terjadi di dua tempat, yaitu Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tenggara.

Gempa pertama terjadi di Kabupaten Muna, dan Lombok Barat. Gempa yang baru selesai sekitar jam 19.30 WIB tersebut cukup berdampak bagi daerah tersebut. Saat gempa magnitudo 3,7 getarkan Kota Muna, guncangannya cukup terasa, bahkan sampai terasa hingga Katobu, Batalaiworu, dan Duruka dalam skala II-III MMI

BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) melaporkan bahwa gempa tersebut berpusat di darat.

Sementara itu, Lombok Barat juga diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 2,8. Getarannya bahkan terasa hingga Mataram dalam skala II-III MMI. Dan lokasi gempanya terjadi di laut atau sekitar 12 km barat laut Lombok Barat.

Info Gempa di Muna dan Lombok Barat

Berikut rangkuman gempa yang dikeluarkan oleh BMKG:

1. Gempa Muna, Sulteng

Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara mengalami guncangan pada hari Jumat dini hari lalu. Tepatnya pukul 01:41 WIB dengan magnitudo 3,7.Lokasi gempanya terletak di di  4,2 km timur laut Maligano, Muna atau pada 4,7 Lintang Selatan (LS) dan 122,88 Bujur Timur (BT).

BMKG juga mengungkap bahwa pusat gempa tersebut terjadi di darat dengan kedalaman 10 km.

2. Gempa Lombok Barat, NTB

BMKG juga mencatat, bahwa telah terjadi gempa dengan magnitudo 2,8 yang menggoyang Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Gempa di tempat ini dilaporkan berpusat di laut dengan kedalaman 15 kilometer. Gempa yang terjadi pada pukul 11:58 WIB ini terletak pada koordinat titik 8,59 LS dan 116,07 BT. Lebih tepatnya 12 km barat laut Lombok Barat.

Cara Antisipasi Gempa Bumi

A. Jika gempa mengancam daerah sekitar, maka ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum:

B. Pastikan bahwa letak rumah, dan struktur rumah Anda dapat terhindar dari bahaya gempa, seperti longsor. Renovasi ulang struktur bangunan jika telah terjadi kerusakan, atau rapuh.

C. Jika Anda ditempat kerja, perhatikan letak pintu, lift, dan tangga darurat. Carilah tempat yang paling aman untuk berlindung.

D. Persiapkan diri dengan belajar melakukan P3K.

E. Catat nomor telepon penting yang bisa Anda mintai bantuan saat terjadi gempabumi.

F. Taruhlah benda berat pada bagian bawah. Dan jangan lupa cek kestabilan benda yang tergantung karena saat gempabumi terjadi, benda tersebut terancam jatuh.

Saat Terjadi Gempa Bumi:

A. Jika Anda berada dalam bangunan, maka lindungilah badan dan kepala Anda dari reruntuhan. Atau sebaiknya bersembunyi di bawah meja. Namun sebaiknya lebih aman jika bisa lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

B. Jika berada di luar bangunan, maka sebaiknya Anda menghindar dari bangunan yang ada di sekitar. Sebab benda seperti gedung, tiang listrik, pohon, bisa jatuh kapan saja.

C. Jika Anda tinggal atau sedang berada di pantai, maka sebaiknya jauhi pantai. Sebab bisa saja gempa berpotensi tsunami.

D. Jika Anda tinggal di daerah pegunungan, sebaiknya hindari berada di tempat yang mungkin terjadi longsoran.

Setelah Terjadi Gempa Bumi:

Jika Anda berada di dalam bangunan, maka pastikan Anda bisa keluar dari bangunan tersebut.

Gunakanlah tangga biasa, dan jangan menggunakan tangga berjalan atau lift.

Periksa apakah Anda atau teman ada yang terluka. Segera lakukan P3K, telepon atau minta jika terjadi luka parah pada Anda atau teman Anda.

(RSL)

Tags

Post a Comment