News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cara Unik Beberapa Daerah di Indonesia Dalam Memperingati Idul Adha



Busrolana.com - Bagi umat Islam, Idul Adha merupakan hari raya keagamaan yang selalu ditunggu-tunggu. Waktu yang bertepatan dengan datangnya musim haji merupakan momen tumbuhnya rasa cinta terhadap sesama.

Caranya adalah menyembelih dan membagikan hewan kurban berupa sapi, kambing, atau domba kepada masyarakat yang tidak mampu. Selain penyembelihan hewan kurban, beberapa daerah di Indonesia memiliki cara unik untuk “Memperingati Idul Adha”, antara lain sebagai berikut:

1. Apitan Di Semarang

Sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki berupa hasil bumi yang diberikan, masyarakat Semarang selalu melakukan cubitan. Tradisi ini ditandai dengan pembacaan doa untuk keselamatan warga dan akan dilanjutkan dengan prosesi.

Nantinya, warga akan berebut membawa konvoi hasil pertanian, seperti beras, jagung, terong, cabai, tomat, dan sejenisnya. Masyarakat setempat percaya bahwa hasil yang mereka dapatkan akan membawa berkah.

Apa Saja Cara Unik Untuk Memperingati Idul Adha?

2. Sapi Manten Di Pasuruan

Manten sapi merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Pasuruan untuk menghormati hewan kurban yang akan disembelih. Menariknya, sapi-sapi lokal yang ingin dikorbankan akan didandani secantik mungkin layaknya pengantin.

Hewan itu juga akan diberi untaian tujuh macam, kemudian dibungkus dengan kain kafan, serban, dan sajadah. Selain untuk membungkus jenazah sebelum dimakamkan, kain kafan juga menjadi tanda kesucian orang yang dikurbankan.

Seluruh sapi yang telah didandani itu akan diarak oleh ratusan warga ke masjid setempat untuk diserahkan kepada panitia kurban. Setelah sapi disembelih, para ibu juga akan merayakan tradisi ini dengan membawa bumbu masak dan peralatan dapur untuk makan bersama.

3. Kasur Mepe Di Banyuwangi

Masyarakat Using di Banyuwangi pun menyambut hari raya dengan tradisi yang unik. Tradisi yang dikenal dengan mepe kasur atau menjemur kasur ini selalu digelar setiap menjelang Idul Adha. Menariknya, proses penjemuran kasur harus dilakukan secara bersamaan dari pagi hari di depan rumah masing-masing.

Sesekali mereka membolak-balik kasur menggunakan buk atau sapu lidi agar bersih kembali. Kasur mepe merupakan salah satu cara masyarakat setempat untuk menghormati datangnya bulan Zulhijah. Warga juga percaya bahwa tradisi menjemur kasur adalah cara untuk menangkal kejahatan, sekaligus menjauhkan segala hal buruk dari rumah.

4. Grebeg Gunungan Di Yogyakarta

Di Yogyakarta, tradisi unik grebegan dilakukan di setiap hari besar ummat Islam. Jika ada grebeg Syawal saat Idul Fitri, maka ada juga tradisi grebeg gunungan sebelum Idul Adha. Saat grebeg gunungan, tiga gunungan (pareden) berisi berbagai makanan dan hasil bumi akan diarak dari keraton ke masjid untuk upacara pembacaan doa. Puncak acara adalah ketika warga berebut tiga gunung dengan sangat antusias. Mereka percaya bahwa makanan yang diambil dari pegunungan dapat mendatangkan rezeki.

5. Sumpah Negara Dan Agama Di Maluku Tengah

Masyarakat Negeri Tulehu di Maluku Tengah selalu merayakan sumpah kenegaraan dan abda'u setelah melaksanakan salat Idul Adha. Tradisi ini merupakan acara adat membawa tiga ekor kambing menggunakan kain, seperti menggendong anak kecil, oleh para pemuka adat dan agama. Kambing tersebut kemudian diarak keliling desa sambil diiringi alunan takbir dan selawat menuju ke masjid.

Nantinya, ketiga kambing tersebut akan disembelih dan dagingnya akan dibagikan kepada fakir miskin. Sedangkan abda'u adalah tradisi pengibaran bendera bertulisan tauhid oleh ribuan pemuda di Desa Tulehu, Ambon. Tradisi ini merupakan bentuk keikhlasan untuk menerima Islam sebagai agama yang harus dilestarikan. Selain itu, abda'u diadakan untuk mempererat tali persaudaraan antar pemuda.

Menarik bukan, tradisi yang dilakukan sejumlah masyarakat setempat saat Idul Adha? Jika ingin menyaksikan secara langsung, datanglah ke daerah-daerah tersebut. Jangan lupa ajak anggota keluarga Anda untuk menambah pengalaman dan pengetahuan baru. Demikianlah informasi tentang cara unik untuk memperingati idul adha semoga bermanfaat.

(DDY)

Tags

Posting Komentar