News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Amalan Untuk Orang Yang Sudah Meninggal Dunia | Busrolana.com

 


Pertanyaan :

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh  Pak Ustadz.

Maaf mau bertanya,

Apa amalan yang dapat dikerjakan untuk Leluhur yang telah meninggal dunia agar pahalanya bisa sampai?

Terima kasih.

Dari : Fulan/Fulanah

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Adapun amalan yang bisa dilakukan untuk orang yang sudah meninggal dunia adalah, bershodaqoh, berdo'a, istighfar dan mengirim bacaan Al-Qur'an untuk mayit.

Loh ustadz, katanya mengirim bacaan Al-Qur'an kepada mayit tidak sampai. Benarkah?

Memang, beberapa ulama dari kalangan mazhab Syafi'i mengatakan tidak sampai.

Namun, setelah diperinci oleh Imam An-Nawawi dan disimpulkan oleh Imam An-Nawawi dari pendapat-pendapat ulama mazhab Syafi'i, maka Imam An-Nawawi rohimahullah mengatakan sampai.

Imam An-Nawawi rohimahullah menjelaskan kembali pendapat dalam Mazhab Syafi'i mengenai sampainya menghadiahkan pahala bacaan Al-Qur'an di dalam kitab Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzab :

والمختار الوصول إذا سأل الله أيصال ثواب قراءته، وينبغى الجزم به لانه دعاء، فإذا جاز الدعاء للميت بما ليس للداعى، فلان يجوز بما هو له أولى، ويبقى الامر فيه موقوفا على استجابة الدعاء، وهذا المعنى لا يخص بالقراء بل يجرى في سائر الاعمال، والظاهر أن الدعاء متفق عليه انه ينفع الميت والحى القريب والبعيد بوصية وغيرها

Dan pendapat yang dipilih adalah sampainya pahala bacaan jika seseorang meminta kepada Allah untuk menyampaikan pahalanya. Karena ini termasuk do'a. Dan do'a itu termasuk perkara yang disepakati kebolehannya dan si mayit mendapatkan manfaat dari do'a tersebut. (Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzab  jilid 15 halaman 22).

Imam Ibnu Taimiyah rohimahullah  seorang ulama Mazhab Hambali berkata di dalam kitab Majmu' Fatawa :

القراءة والصدقة وغيرهما من أعمال البر فلا نزاع بين علماء السنة والجماعة في وصول ثواب العبادات المالية كالصدقة والعتق كما يصل إليه أيضا الدعاء والاستغفار والصلاة عليه صلاة الجنازة والدعاء عند قبره. وتنازعوا في وصول الأعمال البدنية: كالصوم والصلاة والقراءة. والصواب أن الجميع يصل إليه

Adapun bacaan Al-Qur'an, shodaqoh dan ibadah lainnya termasuk perbuatan yang baik dan tidak ada pertentangan dikalangan ulama ahli sunnah wal jamaah bahwa sampainya pahala ibadah maliyah seperti shodaqoh dan membebaskan budak. Begitu juga dengan doa, istighfar, sholat dan doa di kuburan. Akan tetapi para ulama berbeda pendapat tentang sampai atau tidaknya pahala ibadah badaniyah seperti puasa, shalat dan bacaan. Pendapat yang benar adalah semua amal ibadah itu sampai kepada mayit. (Majmu' Fatawa jilid 24 halamannya 367).

Ini yang bisa dilakukan seorang muslim untuk keluarganya yang sudah meninggal dunia. Apabila dia melalukan amalan di atas, insyaAllah pahalanya akan sampai kepada mayit dengan izin Allah.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Post a Comment