News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Keutamaan Puasa Arafah 9 Dzulhijjah, Bisa Menghapus Dosa Selama 2 Tahun | Busrolana.com

 


Busrolana.com - Di antara puasa yang disunnahkan oleh baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk dilaksanakan adalah puasa Arafah, yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa Arafah mempunyai keutamaan yang laur biasa, di mana puasa Arafah bisa menghapus dosa setahun yang lalu dan kan datang.

Dari Abu Qatadah rodhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ، وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ، وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) bisa menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Sedangkan puasa Asyuro (10 Muharram) bisa menghapus dosa setahun yang lalu. (HR. Muslim no. 1162).

Imam Ar-Romli rohimahullah berkata di dalam kitabnya Nihayatul Muhtaj :

وَالْمُرَادُ بِالسَّنَةِ الَّتِي قَبْلَ يَوْمِ عَرَفَةَ السَّنَةُ الَّتِي تَتِمُّ بِفَرَاغِ شَهْرِهِ وَبِالسَّنَةِ الَّتِي بَعْدَهُ السَّنَةُ أَوَّلُهَا الْمُحَرَّمُ الَّذِي يَلِي الشَّهْرَ الْمَذْكُورَ

Adapun maksud dihapus dosa setahun yang akan datang adalah dosa sebelum hari Arafah, setahun yang kosong sebelum hari Arafah datang. Dan diampuni dosa setahun yang lalu, yaitu tahun yang dimulai dari Muharram dan bulan setelahnya sebagaimana yang disebutkan. (Nihayatul Muhtaj, jilid 3 halaman 206).

Namun, para ulama seperti Imam An-Nawawi rohimahullah mengatakan, bahwa dosa yang dihapus hanyalah dosa kecil saja, dan tidak termasuk dosa besar.

Imam An-Nawawi rohimahullah berkata di dalam kitabnya Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim :

معناه يكفر ذنوب صائمه في السنتين قالوا والمراد بها الصغائر وسبق بيان مثل هذا في تكفير الخطايا بالوضوء وذكرنا هناك أنه إن لم تكن صغائر يرجى التخفيف من الكبائر فإن لم يكن رفعت درجات

Maksud hadits ini adalah bahwa puasa Arafah bisa menghapus dosa selama 2 tahun (1 tahun yang lalu dan akan datang). Para ulama mengatakan : Maksudnya adalah yang dihapus itu dosa-dosa kecilnya. Dan telah kami jelaskan pada pembahasan yang telah lalu seperti ini pada penghapusan dosa dengan wudhu dan kami telah menyebutkan pada pembahasan tersebut bahwa jika dia tidak mempunyai dosa kecil, maka puasa Arafah diharapkan bisa meringankan dosa-dosa besarnya, dan jika dia tidak mempunyai dosa besar, maka puas Arafah ini akan menjadi penyebab derajatnya naik. (Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim, jilid 8 halaman 51).

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan Allah menghapus dosa besar seorang muslim, karena semuanya atas kehendak Allah. Dan Allah mengampuni segala dosa jika seorang muslim bertaubat kepada Allah.

Allah berfirman :

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah : Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Az-Zumar : 53).

Mari laksanakan puasa Arafah, karena keutamaannya begitu luar biasa, siapa saja yang berpuasa Arafah, insyaAllah akan dihapus dosanya selama 2 tahun. MasyaAllah, begitu luasnya kasih sayang Allah kepada hamba-Nya. Tunggu apalagi? Yuk laksanakan puasa Arafah.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi (FRA)

Tags

Post a Comment