News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rumah Seret Rezeki Menurut Islam, Mitos atau Fakta? | Busrolana.com

 


Pertanyaan :

Assalamualaikum ust saya mau bertanya apakah ada kaitannya dengan rumah yang kita tempati dengan rezeki kita usaha yang sedang kita jalani sebagai ikhtiar kehidupan sehari hari? banyak yang cakap bahwa rumah yang kita tempati ini menghambat susahnya mencari uang dari usaha yang sedang dijalani,. Terimakasih banyak ust. ouh ya ust dan katanya juga rumah yang kita tempati juga membawa kita menjadi sakit sakitan apakah benar adanya ust?

Dari : Nenty

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Keyakinan seperti ini dinamakan Tathayyur atau Thiyaroh.

Tathayyur artinya menganggap sial sesuatu.

Contohnya menganggap rumah yang dia tempati membawa kesialan dan bisa memudorotkan kepadanya.

Dari Abdullah bin Mas’ud rodhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الطِّيَرَةُ شِرْكٌ، الطِّيَرَةُ شِرْكٌ، وَلَكِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يُذْهِبُهُ بِالتَّوَكُّلِ

Beranggapan sial adalah kesyirikan, beranggapan sial adalah kesyirikan. Ibnu Mas’ud berkata : Akan tetapi Allah akan menghilangkan persangkaan jelek tersebut dengan bertawakal kepada-Nya. (HR. Ahmad, hadist no. 4194).

Syekh Syu’aib Al-Arnauth rohimahullah mengomentari hadist di atas di dalam Musnad Ahmad :

إسناده صحيح

Sanadnya shahih. (Musnad Ahmad, jilid 7 halaman 250).

Oleh karena itu, keyakinan bahwa rumah bisa membuat kesialan termasuk Tathayyur dan dilarang di dalam Islam. Dan Tathayyur ini termasuk kesyirikan.

Tidak ada yang bisa mendatangkan manfaat dan mudorot kecuali Allah saja.

Allah berfirman :

قُلْ لَا أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعًا وَلَا ضَرًّا إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ ۚ وَلَوْ كُنْتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لَاسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا مَسَّنِيَ السُّوءُ ۚ إِنْ أَنَا إِلَّا نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Katakanlah: "Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman". (QS. Al-A’raf : 188).

Oleh sebab itu menganggap makhluk bisa mendatangkan manfaat dan mudorot, serta bisa membuat kesialan termasuk kesyirikan di dalam Islam, karena tidak ada yang bisa mendatangkan manfaat dan mudorot kecuali Allah saja.

Keyakinan seperti di atas tidaklah benar.

Rumah tersebut tidak bisa mendatangkan manfaat dan mudorot, adapun yang bisa mendatangkan manfaat dan mudorot hanya Allah.

Akan tetapi, bisa saja rumah tersebut dihuni oleh jin, sehingga jin penunggu rumah tersebut mengganggu orang yang tinggal di rumah tersebut.

Inilah kemungkinan lain yang terjadi kepada penghuni rumah apabila sakit-sakitan.

Namun, tentunya semua terjadi atas takdir Allah dan atas izin-Nya.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Post a Comment