News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

6 Tips Membeli Laptop Agar Tidak Salah Pilih



Busrolana.com - Untuk menjalankan aplikasi berat, dibutuhkan laptop dengan prosesor tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika spesifikasi prosesor menjadi sangat penting. Kami akan mengulas beberapa tips membeli laptop yang benar, agar anda tidak salah pilih. Simak ulasannya berikut ini.

Tips Membeli Laptop yang Tepat

Sesuaikan Spesifikasi dengan Kebutuhan

Merek laptop berpengaruh terhadap kualitas, pilihlah laptop dengan merek terpercaya yang memberikan garansi resmi. Di pasaran sendiri terdapat berbagai merek laptop ternama seperti ASUS, Acer, MSI, HP, Lenovo, Dell, Huawei, dan Apple.

Masing-masing produk tersebut tentunya memiliki kekhasan tersendiri. Bagi anda yang ingin tampil profesional, memilih laptop merek Apple adalah pilihan yang tepat.

Pilih Ukuran Layar yang Sesuai

Ukuran layar laptop menjadi salah satu tips membeli laptop, karena akan mempengaruhi kenyamanan penggunaan.

Ukuran 11–13 inci untuk mobilitas tinggi

Jika anda menginginkan laptop yang ringan untuk dibawa dan mudah dimasukkan ke tas, laptop berukuran kecil adalah pilihan yang benar. Jika menginginkan produk yang ringkas, gunakan laptop dengan ukuran layar 11–13 inci. Laptop ini kurang puas jika untuk bermain game.

Ukuran 14 inci untuk kebutuhan sehari-hari

Jika anda memiliki mobilitas yang berat, namun kurang puas dengan ukuran layar 11–13 inci, anda bisa memilih laptop 14 inci. Laptop dengan ukuran layar 14 inci cocol untuk menonton film maupun pekerjaan kantoran.

Bobot laptop 14 inci juga cukup beragam tergantung merek dan desain casing yang digunakan. Jadi, laptop 14 inci adalah ukuran yang ideal karena tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Ukuran 15–17 inci untuk multimedia dan game

Bagi seorang gamer atau content creator, menggunakan laptop dengan spesifikasi tinggi saja tidak cukup. Pengalaman bermain game akan lebih memuaskan jika menggunakan laptop dengan layar besar. Untuk itu, disarankan untuk memilih laptop dengan ukuran 15–17 inci.

Perhatikan Resolusi Layar

Tips membeli laptop untuk mendapatkan visual yang memuaskan, anda harus memperhatikan resolusi layar yang ditawarkan. Semakin besar resolusinya, semakin tajam dan detail gambar yang ditampilkan.

Ada beberapa merek laptop telah dibekali layar dengan resolusi standar, yakni HD (1280 x 720). Resolusi ini tentu saja cukup pas untuk penggunaan sehari-hari. Namun, anda bisa memilih laptop dengan resolusi layar FHD (1920 x 1080) agar visual lebih tajam.

Cek Spesifikasinya

Selain merek dan ukuran layar, poin selanjutnya yang harus anda perhatikan saat memilih laptop adalah spesifikasinya. Spesifikasi tersebut bisa berupa RAM besar, jenis GPU, atau jenis penyimpanannya.

Perhatikan GPU dan RAM

Saat memainkan game berat dengan gerakan cepat seperti game multipemain, anda akan membutuhkan GPU yang tinggi. GPU atau Graphics Processing Unit adalah bagian dari sebuah laptop yang berhubungan langsung dengan pemrosesan grafis. Dengan GPU yang tinggi, aplikasi yang anda jalankan tidak akan stutter. Merk GPU seperti NVIDIA, AMD, Intel, dan lain sebagainya.

Pilih SSD Agar Pemrosesan Lebih Ringan

Tips membeli laptop yang terakhir yakni perhatikan jenis media penyimpanan HDD dan SSD, karena kedua media penyimpanan ini menawarkan performa yang berbeda. Bagi anda yang ingin kecepatan tinggi, memilih laptop dengan media SSD adalah pilihan yang benar.

Dengan media penyimpanan jenis SSD, booting windows dan loading aplikasi bisa berjalan lebih cepat. Sekian ulasan tentang tips membeli laptop yang benar, semoga bermanfaat.

(RBD)

Tags

Post a Comment